Apasih Sebenarnya Social Media Listening Tools Itu?

Banyak orang di dunia bisnis digital sering mendengar social media listening tools. Walaupun istilah ini banyak beredar, masih saja orang yang tidak tahu apa sebenarnya hal tersebut. Jika Anda tertarik ingin tahu apa sebenarnya alat digital ini, mari bahas bersama pada artikel berikut!


Definisi Social Media Listening Tools

Secara sederhana, hal ini adalah berbagai program, aplikasi dan tool untuk kebutuhan analisa serta pengamatan social media. Contoh saja melakukan analisa soal trend hastag viral, melihat performa like dan share dari post dan juga melihat detail viewers video content.


Banyak bisnis menggunakan alat ini untuk memaksimalkan reach social media. Data yang di dapat menggunakan alat ini dengan mudah menunjukkan post social media mana yang sukses ataupun gagal. Jika tahu soal ini, evaluasi dapat dilakukan untuk memastikan post – post social media berikutnya lebih sukses.


Berbagai Manfaat Tool Analytic Ini

Selain bahasan yang disinggung pada definisi tersebut, mari lihat berbagai manfaat lain tool ini pada bagian berikut:

  • Melacak trend. Biasanya tool ini dapat digunakan untuk melihat hastag, bahasa dan hal viral di social media. Jika tahu trend, Anda dengan mudah ikut ambil bagian pada trend tersebut.

  • Mengidentifikasi influencer. Jika ada user social media yang selalu membuat trend dan hit post, Anda bisa incar individu tersebut untuk iklan atau program endorse.

  • Mempermudah melihat feedback. Social media adalah tempat konsumen bisa interaksi langsung dengan bisnis. Menggunakan tool ini, bisnis dengan mudah mendapatkan feedback untuk marketing, campaign dan bahkan seputar produk.


Dari bahasan definisi dan manfaat social media listening tools, Apakah Anda tertarik menggunakannya? Penyedia jasa seperti Matamaya dapat membantu Anda. Kunjungi website Matamaya langsung untuk melihat informasi lebih lengkap tetang tool digital marketing.


Related Posts

Post a Comment