Manfaat Sayur Katuk untuk Meningkatkan Asi

Daun katuk yang mempunyai nama latin Sauropus androgynus merupakan tumbuhan yang dapat dikenali dari daunnya yang berbentuk kecil dan berwarna hijau gelap, dan disertai dengan corak keperakan di bagian tengahnya. Daun katuk ini umumnya diolah menjadi campuran bahan masakan. Selain itu dapat dikonsumsi sebagai teh herbal dan suplemen. Perlu diketahui bahwa sayur katuk ini mempunyai manfaat yang beragam bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini kami jabarkan manfaat sayur katuk secara singkat.


Sayur katuk terkenal dengan manfaatnya meningkatkan produk ASI bagi ibu-ibu yang sedang menyusui sang bayi. Produksi ASI dipengaruhi oleh adanya hormon prolaktin dan oksitosin. Di dalam sebuah penelitian ahli menyatakan bahwa daun katuk terbukti bisa meningkatkan jumlah kedua hormon tersebut di dalam tubuh perempuan, sehingga berdampak pada peningkatan produksi ASI.

Namun, daun katuk ini bukanlah satu-satunya cara alternatif untuk memperbanyak ASI. Guna melancarkan produksi ASI, ibu menyusui hanya perlu mencukupi kebutuhan nutrisi dengan memakan makanan yang memiliki gizi seimbang dan minum air putih, istirahat cukup, dan kurangi stres.

Manfaat sayur katuk adalah mencegah obesitas. Obesitas merupakan masalah kesehatan, yakni ketika penderitanya mempunyai berat badan berlebih, akibat dari penumpukan jaringan lemak dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi ekstrak daun katuk dipercaya bisa mengurangi pembentukan jaringan lemak, yang baik untuk mencegah penyakit obesitas.

Related Posts

Post a Comment