Software Alternatif AutoCAD yang Tidak Kalah Mumpuni Saat Ini

Software alternatif AutoCAD yang mumpuni banyak dicari.  Bagi pengguna AutoCAD tidak hanya ingin mencari alternatif CAD yang lain saja namun kualitasnya juga sama dengan biaya terjangkau. AutoCAD adalah produk unggulan dari raksasa industri di dalam bidang software dan juga perancangan Autodesk. Software ini banyak membantu orang untuk mendesain produk, bangunan maupun dalam bidang manufaktur. AutoCAD ini juga bermanfaat dalam bidang konstruksi dan juga infrastruktur sipil.

Selain software AutoCAD ini sudah banyak software alternatif yang bisa Anda pilih dan banyak dilirik pasaran. Kini banyak yang beralih dan tidak ingin lagi menggunakan software ini karena harganya yang mahal serta lisensi-nya yang tidak lagi permanen dibandingkan dengan software CAD yang lainnya.

Di lapangan ini banyak pekerja atau mahasiswa yang menggunakan CAD profesional. Sayangnya karena Autodesk ini tidak menawarkan lisensi permanen dan basisnya langganan membuat banyak pengguna yang mencari software alternatif. Salah satu alasannya karena anggaran yang terbatas. Jika Anda menjadi salah satunya, berikut ini adalah beberapa software alternatif AUTOCAD yang tidak kalah mumpuni yang bisa Anda pertimbangkan:

BricsCAD

Merupakan software alternatif yang cukup terkenal. Software satu ini memiliki fitur jangkauan dan juga beberapa fitur yang sudah dikenal termasuk dengan aplikasi .dwg asli.  Jika Anda sudah terbiasa dengan versi 2008 AutoCAD, BricsCAD akan memiliki interface yang cukup mirip.

Adanya fitur dalam desain 2D dan pemodelan langsung 3D Anda bisa langsung menggunakan dalam sistem operasi utama seperti macOS. Pengguna Windows dan juga sistem operasi Linux juga bisa menggunakan software satu ini.

BricsCAD ini lebih terjangkau dan memiliki tiga edisi yaitu klasik, pro dan juga platinum. Selain itu juga terintegrasi dengan cloud dan memiliki mesin render yang sangat kuat. Kelemahannya adalah memiliki fitur yang terbatas dan juga lambat dalam menjalankan file gambar dengan ukuran besar.

DraftSight

Merupakan software alternatif CAD untuk kelas yang profesional. Pengguna bisa mencari cara yang lebih baik dengan membaca menulis bahkan Anda bisa berbagi file .dwg. Bagi pengguna CAD profesional baik itu kalangan pendidik sampai dengan mahasiswa, bisa memanfaatkan software ini untuk berbagai unduhan dan juga aktivasi grafis di dalam beberapa menit saja.

Melalui antarmuka pengguna yang jelas Anda bisa membuat revisi akurat. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat G-Code langsung di program selain itu Anda bisa membuka file DXF dan juga DWG. Software ini memiliki perpustakaan dengan desain besar. Anda bisa menggunakan desain yang ada, melakukan pencetakan batch selain itu juga akses rekaman makro.

Yang menjadi nilai minus adalah sejak tahun 2019 DraftSight semua berbayar sehingga tidak cocok untuk mahasiswa. Khusus bisnis DraftSight ini memberikan tiga paket yang pertama adalah profesional. Selanjutnya ada paket premium dan juga perusahaan. Anda bisa memilih harga bervariasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Software ini mampu bersaing dengan AutoCAD yang mana menawarkan berbagai macam kemampuan canggih.

SolidWorks

Software alternatif AutoCAD yang tidak kalah mumpuni dengan AutoCAD. Software satu ini merupakan program mekanik 3D CAD yang mana mampu berjalan di Microsoft Windows. SolidWorks memiliki file penyimpanan dengan format Microsoft dan sudah terstruktur.

Berbagai macam file tertanam pada SLDDRW atau file gambar dan SLDPRT atau part file. File terakhir SLDASM atau assembly yaitu bitmap preview dan juga metadata sub-file. Ada berbagai macam tools yang bisa digunakan untuk ekstrak sub file. Meski sub file ini sudah banyak yang menggunakan format file biner, SolidWorks merupakan parasolid dengan basis solid modeling.

ZWCAD

Yang terakhir ada ZWCAD. Software alternatif AutoCAD satu ini tidak kalah mumpuni. Software satu ini menjadi solusi CAD yang sangat kompatibel dengan format DWG yang mana sudah dikembangkan oleh ZWSOFT yaitu ZWCAD. Yang membuat software satu ini unggul adalah memiliki berbagai macam fitur yang tidak kalah inovatif dan kolaboratif.

ZWCAD bisa digunakan dan disesuaikan untuk semua kalangan. Software ini bisa digunakan untuk insinyur dan juga desainer dalam mendesain. ZWCAD ini tersedia di dalam 15 bahasa, termasuk bahasa Cina sederhana dan juga tradisional. Selain itu juga tersedia bahasa Ceko, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Korea, Portugis, Rusia dan juga Turki.

Fitur yang dimiliki ZWCAD khusus CAD arsitektur yang mencakup gambar 2D dan model 3D. Selain itu ada perpustakaan simbol arsitektur, tampilan perbandingan dan yang terakhir drafting. ZWCAD memiliki kesesuaian yang sama dan juga hampir persis dengan AutoCAD. Dilihat dari segi antarmuka sama dengan kompatibilitas 100% namun harga software ini lebih terjangkau.

Upgrade bisa dilakukan setelah bertahun-tahun, hal ini membuat anggaran tidak terlalu membengkak. Tentunya bagi Anda yang sedang mencari pengganti perangkat lunak dari AutoCAD namun harganya terjangkau ZWCAD ini bisa menjadi pilihan utama. Selain itu saat ini versi terupdate sudah dirilis yaitu ZWCAD 2022 dimana fitur yang ditawarkan lebih lengkap dan bisa membantu dalam pengerjaan desain Anda.


Bagus Mana?

Ada banyak sekali software alternatif AutoCAD yang ditawarkan. Namun sebaiknya Anda memilih yang benar-benar terbaik dan memiliki fitur terbaik. Dari segi harga Anda juga patut mempertimbangkannya melihat ada yang harus berlangganan setiap bulan dan sebagainya.

Dari beberapa software yang ada ZWCAD ini menjadi yang terbaik. Software satu ini memiliki kompatibilitas dengan file DWG sehingga bisa membaca, menyimpan dan juga berbagi gambar dijamin lossless dan lebih mudah. ZWCAD ini juga memiliki tampilan yang user friendly sehingga mudah untuk digunakan.  Anda bebas memilih tampilan yang ingin Anda gunakan. 

Software alternatif AutoCAD yang tidak kalah mumpuni dan bisa Anda pilih adalah ZWCAD, software ini lebih unggul dibandingkan dengan software sejenis lainnya, dengan harga yang jauh lebih murah Anda akan bisa mendapatkan fasilitas yang tidak kalah dengan AutoCAD, dengan membeli ZWCAD Anda bisa merasakan fitur canggih dan lengkap, hal ini bisa membuat kegiatan desain Anda jauh lebih efisien, didukung dengan smart voice, smart mouse, smart select dan juga smart plot membuat software ini mampu menciptakan desain dan juga rancangan yang hebat.

Untuk Anda yang ingin membeli software ZWCAD secara resmi dan original bisa langsung menghubungi Piranusa.com . Piranusa merupakan distributor Zwcad Indonesia secara resmi yang ditunjuk sebagai perwakilan ZWSOFT di Indonesia. 








Related Posts