Jenis-Jenis Ban dan Kontruksinya


Ban merupakan sebagai salah satu bagian kendaraan yang sangat penting sekali, tanpa adanya ban tentu saja kendaraan yang kita kendarai tidak akan terasa enak. Nah kini Anda yang mengetahui ban yang sering digunakan, tahukan Anda jika ban itu ternyata memiliki beberapa jenis ?

ban motor

Yuk lihat disini beberapa Jenis Ban, diantaranya

Ban ini dibedakan dari konstruksinya ban bias ban radial dan ban dengan ban dalam.
Pertama yaitu ada ban bias yang memiliki serat tali dengan sudut 30 sampai 40 derajat yang ada pada garis tengah ban konstruksinya yaitu terdiri dari tread, breake, carcass dan bead.
Ban radial Ban ini merupakan salah satu ban yang memiliki serat tali dengan sudut yang kira-kira 90 derajat ada pada garis tengah ban dan di sabuk dengan memiliki sudut 10 sampai dengan 15 derajat terhadap garis tengah yang berada di sekeliling bagian luarnya sabuknya dirandang yang berguna untuk memperkuat ban secara keseluruhan.
Jenis selanjutnya yaitu ban yang memiliki ban dalam dan ban yang tanpa memiliki ban dalam (tubeless). Ban yang menggunakan ban dalam ini memiliki ban dalam dibagian dalamnya yang berguna untuk menjaga tekanan serta kerapatan udara ban dalam yang  dilengkapi dengan menggunakan sebuah katup (pentil) untuk digunakan memasukkan udara serta pelindung karet untuk dapat melindungi ban dari rem dan jari-jari. Mengenai konstruksi ban yang tidak menggunakan ban dalam sama dengan ban dalam nemun memiliki sebuah lapisan dalam (inner liner) yang dalam hal ini berhubungan langsung dengan bagian dalam ban.
Inner liner tersebut berfungsi untuk menjaga kerapatan udara serta bisa mencegah kebocoran jika ban tersebut tertusuk benda tajam. Kelebihannya yaitu ban yang tidak menggunakan ban dalam tersebut yaitu lebih ringan dan tidak memerlukan ban dalam, kalau tertusuk benda tahan ban tentu saja tidak langsung kempes tiba-tiba. Jadi jenis ban ini sangat aman digunakan untuk kecepatan yang tinggi.

Konstruksi Ban

Seperti yang kita ketahui ban ini memiliki bagian luar yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan yang disebut dengan tread yaitu merupakan bagian yang melekat ke rim disebut dengan bead dan kemudian bagian yang membentuk fungsi ban yaitu disebut dengan carcass. Penahan (breaker) tersebut berada dan terletak diantara tread serta carcass.
Tread Tread ini merupakan sebagai bagian dari ban yang menyentuh dari permukaan jalan serta melindungi carcass dari kondisi permukaan jalan berada disamping memperpanjang umur pakai serta dapat mencegah slip disaat yang sama hal tersebut juga bisa menambah gaya percepatan serta gaya pengereman yang terdapat berbagai jenis / bentuk permukaan ban hal tersebut tergantung kebutuhan.
Bead Bead ini merupakan bagian yang membuat ban dan rim menyatu. Hal tersebut berguna untuk mencegah datangnya kerusakan diakibatkan oleh adanya gesekan rim, maka disinilah diperkuat dengan sebuah pelindung atau liner, yang dimana bagian ini melekat ke rim dan sesuai dengan tekanan udara.
CarcassCarcass ini berfungsi membentuk struktur ban dan kebanyakan tekanan ban dijaga oleh carcass. Trad dan lapisan karet yang ada disebelahnya dirancang untuk melindungi carcass sepeda motor kebanyakan memakai carcass yang dibuat dari lilihan nylon.
Breaker tersebut merupakan bagian yang terletak berada diantara tread dan carcass yang berguna untuk memperkuat hubungan diantara ke duanya yang dalam hal ini juga menyerap hentakan dari kondisi dari permukaan jalan yang kemudian untuk diteruskan langsung ke carcass biasanya ini hanya terdapat berada dibawah tread.
BeltBelt ini digunakan pada ban radial yang berada atau terletak di sekeliling antara tread dan carcass dan berguna untuk memperkuat carcass.

Post a Comment

0 Comments