Jangan sampai tidak kunjungi ! 5 pantai di Tulungagung ini.


Tulungagung merupakan kota di bagian selatan provinsi Jawa Timur, dengan sejuta potensi wisata yang dimilikinya sehingga bisa mendatangkan para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi adalah pantai. Ada banyak pilihan pantai yang tersebar di sebelah selatan kota Tulungagung, mulai dari yang memiliki jalur perjalanan mudah sammpai yang cukup ekstrim. Sebaiknya, ketika mampir di kota ini cobalah untuk mengeksplor pantai – pantai yang indah Tulungagung bersama anggota keluarga, teman atau sahabat. Buat kamu yang masih bingung, berikut kami sajikan 5 pantai di Tulungagung yang wajib dikunjungi :



1. Kedung Tumpang

Pantai yang terletak di desa Pucanglaban, kecamatan Pucanglaban merupakan andalan wisata bahari Kabupaten Tulungagung. Karena keberadaan laguna (kolam renang alami mirip ceruk dan selalu terisi oleh air yang jernih, warnanya hijau kebiruan) yang cantik, membuatnya dilirik oleh wisawatan lokal bahkan asing. Terdapat kurang lebih 8 laguna dengan luas bervariasi yang sering dimanfaatkan untuk berendam maupun berenang.
Sayangnya, jalan menuju lokasi tersebut terbilang cukup sulit, namun tak menyurutkan niat orang yang berkunjung ke sana. Akan tetapi, ombak di patai kedung tumpang cukup besar, sebaiknya anda harus lebih waspada ketika berkunjung kesini.

2. Tebing Banyu Muluk

Letaknya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dengan ombaknya yang besar, sehingga ombak menabrak tebing dan munculah semburan air menjulang ke atas. Semburan air tersebut menghasilkan pelangi yang terjadi akibat efek pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Kalau ingin melihat pelanginya, kamu bisa datang sekitar pukul 8 hingga 10 pagi, sebab pada waktu tersebut ombak sangat kencang sehingga semburan airnya sangat besar pula dan pelangi terlihat lebih jelas.

3. Lumbung

Keindahan pantai di desa Pucanglaban, kecamatan Pucanglaban ini disebabkan karena masih terjaga kealamiannya. Hamparan pasir putih bersih membuatnya tampak berkilau karena terpaan cahaya matahari, keberadaan pengunjung yang masih sedikit, membuatnya amat cocok bagi wisatawan yang mencari ketenangan.
Sekali lagi, diperlukan usaha yang lebih dalam mencapai lokasi pantai Lumbung mengingat kondisi jalan yang masih berupa jalan tanah berumput serta permukaan tanah yang bergelombang dan sempit. Sesampainya di lokasi parkir, kita bisa langsung pergi ke bibir pantai dengan cara menuruni tangga yang terbuat dari kayu dengan tinggi kurang lebih 30 m.

4. Popoh

Kali ini, akses yang digunakan untuk menuju pantai ini sangatlah mudah. Kamu tidak perlu menyewa jasa ojek lokal ataupun harus melewati alan ekstrim. Pantai yang bernama Popoh ini terletak sekitar 30 km dari kota, tepatnya berada di Kecamatan Besuki, Tulungagung.
Pantai ini sangat tepat untuk kamu dan keluarga yang ingin bersantai. Ombak nya yang tidak terlalu besar cukup aman jika kamu mengajak anak-anak kecil untuk berkunjung, sambil menikmati pemandangan eksotis tebing-tebing karang di sekitar pantai. Selain itu, kamu juga bisa bermain air, membangun istana pasir, atau meyewa perahu nelayan untuk sekedar berkeliling di sekitar teluk.

5. Gemah

Seperti halnya pantai popoh, pantai gemah memiliki akses jalan yang sangat mudah untuk mencapainya. Kamu bisa memakai kendaraan pribadi atau mungkin bus jika ingin berkunjung bersama keluarga. Banyak wahana yang bisa kamu nikmati disini, diantaranya adalah ATV, Banana boat, ataupun melihat pemandangan sekitar sambil makan ikan bakar yang bisa di pesan di warung – warung sekitar pantai.

Itulah, 5 pantai di Tulungagung yang wajib kamu kunjungi ketika sedang mampir di kota bagian selatan, provinsi Jawa Timur ini.

Post a Comment

0 Comments