10 Jenis Kambing Sering Kita Jumpai dan Penjelasannya


Kambing merupakan salah satu hewan yang sudah kita kenal berada disekitar kita selama ini. Ada banyak sekali jenisnya dan bisa kita lihat disekitar kita mengenai jenis kambing tersebut. mungkin sebagian dari kamu sudah tahu disekitarmu banyak kambing, namun belum mengerti jenis kambing apa itu. Nah kali ini kita mau berbagi nih mengeai jenis-jenis kambing, apa aja? Yuk kita simak disini



1. Kambing Boer
Kambing ini merupakan salah satu yang menjadi hewan ternak yang sudah dikenal dengan nama Boer semenjak 65 tagun yang lalu. Kambing ini berasal dari afrika selatan, kambing ini sekarang banyak diternak untuk pemenuhan kebutuhan daging di pasar.
Mengenai ciri dari kambing tersebut yaitu memiliki badan yang besar kekar dan berisi, selain itu kambing ini juga cepat untuk berproses tumbuh dengan memakan waktu yang hanya 5 sd 6 bulan, biasanya dengan usia tersebut akan memiliki berat sudah mencapai 35 – 45 kg saat dewasa. Kalau kambing yang jantan biasanya akan memiliki berat 120 – 150 kg, kalau yang betina biasanya memiliki berat sekitar 80 – 90kg.

Maka dari itu tidak heran kalau kambing tersebut dijadikan sebagai kambing pedaging/ Jagal. Kalau Anda tertarik untuk membelinya maka ada baiknya bisa mengenali cirinya terlebih dahulu yaitu dengan tubuh terlihat lebar dan panjang, memiliki kaki yang pendek, memiliki teling panjang menggantung, hidung cembung, kulinya berwarna coklat yang berguna untuk melindungi dari sinar matahari.

2. Kambing Pygmy
Tahukan kamu kambing ini berasal dari mana? Perlu Anda ketahui bahwa kambing yang satu ini berasal dar lembah Kamerun Afrika Barat, Kambing ini dijadikan sebagai salah satu perliharaan karena memiliki bentuk yang sangat imut, lucu dan terkenal karena memiliki sifat yang tenang dan ramah.
Kambing ini memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat terhadap cuaca, kalau dibandingkan dengan kambing-kambing yang lain yang ukurannya lebih besar. Selain itu juga kambing tersebut dapat berkembang biak sepanjang tahun dengan proses yang sangat alami.

3. Kambing Anglo Nubian
Ini salah satu kambing yang berasal dari Afrika, cirinya yaitu memiliki tubuh ramping dan katitnya bagus, selain itu juga memiliki bulu yang terlihat lebih mengkilat. Memiliki kaki panjang, telinga panjang menggantung dan mukanya cenderyng lebih cembung dan biasanya kaming jenis yang satu ini tidak bertanduk.
Nah kambing ini juga memiliki daging yang bagus, selain itu juga memiliki susu meskipun kualitas susunya tidak sebaik kambing dari swis. Tak heran kalau kambing ini di afrika dijuluki dengan jagoan kambing perah, hal ini karena susunya diambil untuk memenuhi kebutuhan pasar.

4. Kambing Saanen
Kambing yang berasal dari Swiss barat ini sangat sensitive dengan sinar matahari, sehingga kambing yang satu ini sulit untuk berkembang jika berada di wilayah tropis.
Di swiss kambing ini sebagai kambing terbesar dan dikenal sebagai kambing yang bisa menghasilkan susu. Mengenai daerah penyebarannya yaitu cukup banyak, diantaranya yaitu seperti di Amerika, Australia dan di Indonesia sendiri juga ada akan tetapi belum banyak masyarakat yang mengetahuinya..
Kambing jenis ini juga sebagai salah satu jenis kambing perah yang hasilnya lumayan banyak, yaitu bisa menghasilkan 3,8 liter untuk setiap harinya. Susu dari kambing ini memiliki kandungan lemak yang mencapai 3%.

5. Kambing Tonggenburg
Kambing ini juga berasal dari daerah swiss timur, yaitu tepatnya ada di lembah Tonggenburg. Nama panggilan si kambing itu juga diambil dari nama lembah tersebut. Kambing tersebut merupakan sebagai salah satu kambing perah atau kambing yang biasa diambil susunya dan kambing ini bisa menghasilkan susu karena kambing ini merupakan keturunan kambing alpine dari Imggris.

5 Kambing Lainnya Yang ada di Sekitar Kita
6. Kambing Kiko
7. Kambing Belgian
8. Kambing Murciano
10. Angora
11. Kambing Etawa
12. Kambing Red Kalahari


Post a Comment

0 Comments