Berbagai Jenis hijab dalam islam


pengertian hijab tentu saja sudah banyak dari kita yang mengetahuinya. Berkaitan dengan hijab tersebut tentunya ada banyak aneka macamnya. hijab syar'I sebagai sebuah sebutan bagi mereka yang lekat dengan pakaian syar’i. biasanya mereka juga akan gaduh antara Hijab dengan Jilbab yang saat ini sangat umum  digunakan. Dari kedua nama tersebut biasanya digunakan untuk merujuk pada kain penutup bagian kepala muslimah walaupun banyak model serta jenis penutup kepala, akan tetapi nyaris dalam hal ini masyarakat umum akan tetap menyebutnya dengan sebutan Hijab atau Jilbab.


Padahal sebenarnya Hijab dan Jilbab tersebut mempunyai definisi yang cukup berbeda, hal tersebut juga dengan khimar, kerudung serta berbagai macam jenis penutup kepala muslimah yang lainnya.

Jenis-Jenis Hijab Yang Penting Untuk Anda Ketahui

1. Hijab
Hijab ini kalau di dalam bahasa Arab memiliki makna penghalang. Sedangkan kalau dalam keilmuan islam ini merujuk pada tata cara dalam bepakaian yang sesuai dengan syariat. Namun dari sebagian orang juga berpendapat bahwa sannya untuk setiap Jilbab itu adalah Hijab. Namun juga tidak semua hijab itu adalah Jilbab.

2. Jilbab
Sekarang mengenai jilbab, ini merupakan sebuah gamis longgar yang dijulurkan ke bagian seluruh badan sampai mendekati tanah, sehingga dalam hal ini tidak membentuk lekuk tubuh seperti yang tertuang pada surat Al Ahzab ayat 59.

3. Khimar
Khimar, atau kalau di dalam Al-Qur’an biasanya disebut dengan istilah Khumur, yaitu merupakan kain yang menutupi pada bagian kepala, leher serta menjulur sampai  menutupi dada wanita jika dari belakang ataupun dari depan (termasuk dalam hal ini bisa menutupi tulang selangka). Khimar ini harus menjulur lurus dari bagian kepala sampai ke seluruh dada bisa tertutupi.

4. Kerudung
Ini hamper mirip dengan khimar, akan tetapi kerudung ini tidaklah dianjurkan dalam islam, karena desain kerudung ini yang hanya digunakan sebagai penutup kepala saja dan juga tidak cukup panjang untuk menutupi pada bagian dada, leher serta lekuk tubuh penggunanya.

5. Niqab
Ini merupakan hijab yang menutupi pada bagian kepala serta hamper seluruh bagian wajah, kecuali pada bagian mata. Niqab ini juga cukup panjang untuk menutupi leher, muka serta mata.

6. Burqa
Kalau yang satu ini sangat mirip dengan Niqab, akan tetapi burqa tersebut nyaris menutupi seluruh pada bagian wajah termasuk mata.  Biasanya pada bagian mata tersebut ada kain yang mempunyai lubang kecil untuk melihat.

Itulah beberapa jenis Hijab dalam islam, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda semuanya yang membutuhkan.

Post a Comment

0 Comments